Review Jurnal mengenai Knowledge Management

Kali ini kita mau bahas jurnal tentang Knowledge Management, jurnal ini berjudul 'The impact of knowledge management system on student performance: A case study of the University of Delhi' oleh Namita Jain dan Vikas Gupta.

Jurnal ini dibuat karena dirasa bahwa Knowledge Management (KM) masih jarang digunakan pada perguruan tinggi. KM hingga saat ini masih mendominasi pada lingkungan korporat. Padahal, sebenarnya pertumbuhan suatu negara sangat bergantung pada sistem edukasinya. 

Oleh karena itu, dibuatlah penelitian ini dengan tujuan Menguji pengaruh Knowledge Management System (KMS) pada performa mahasiswa di India, dengan harapan dapat diterapkannya KM di masa mendatang.

Penulis sendiri memilih negara India sebagai objek penelitiannya karena India memiliki 50% populasi yang berada di bawah 25 tahun, dan angka ini akan mencapai puncaknya pada tahun 2020. Selain itu, India pun sebenarnya memiliki banyak potensi murid pintar, namun sayangnya universitas di negaranya tidak dapat mengakomodasi edukasi tersebut akibat belum bisa menerapkan sistem KM yang baik. Hal ini menyebabkan 250.000 murid India yang migrasi ke negara lain untuk memperoleh pendidikan tinggi (UNESCO Report 2016).

Dalam melakukan penelitiannya, penulis menggunakan University of Delhi sebagai objek penelitian. Metode digunakan berupa Structured Questionnaire dan Structure Equation Modeling. Kuesioner dilakukan dengan 5 poin pada Likert Scale dengan range dari Strongly Disagree (1), hingga Strongly Agree (5) yang dilakukan pada 311 responden. Sementara untuk SEM, gambar di bawah menggambarkan framework yang digunakan.


Peneliti kemudian melakukan review terhadap beberapa literatur yang menyarankan bahwa determinan KMS terdiri dari:

Selanjutnya, tahapan pada SEM ditunjukkan pada gambar di bawah, yang terdiri dari 3 tahapan.


Hingga akhirnya, didapatkan hasil uji hipotesis berupa tabel berikut. Dapat dilihat bahwa semua determinan memiliki pengaruh positif secara signifikan kecuali KS.

Sebagai kesimpulan, didapatkan bahwa:
  1. Dibutuhkan sistem knowledge management yang lebih baik di India agar bisa bersaing dengan negara lain dan mampu memfasilitasi warga muda nya
  2. Dengan uji hipotesis, didapatkan bahwa KM memberikan dampak positif terhadap Student Performance yang dilihat dari hasil akademik, berhasil pada proyek inovasi, dan penerimaan siswa pada top institutes untuk higher studies
  3. Sebenarnya transfer knowledge sudah sering dilakukan (tacit knowledge, tapi tidak didokumentasi
  4. Untuk menghadapinya, dibentuk learning-center bernama ‘Cluster Innovation Centre di University of Delhi

Comments

Popular Posts